NOTHING

Wednesday, June 5, 2013

AKTIVASI M-BANKING


Perkembangan teknologi komunikasi memang tidak dipungkiri sedang mengalami perkembangan pesat sekali. Dapat diperhatikan dari beberapa gadget yang banyak bermunculan dengan berbagai aplikasi yang dibenamkan dalam fiturnya dimana fungsi mesin ATM pun mengalami transformais teknologi tersebut dengan hanya seklai klik melalui benda kecil yang ada ditangan Anda yaitu HP. Kini melalui aplikasi ini, kita bisa dengan mudah mengetahui saldo tabungan kita, mentransfer, melakukan pembayaran tagihan (Telkom, PDAM, Listrik dan lain-lain) dan melakukan pembelian bursa saham, belanja online dan lain-lain. Jadi kita dipermudah dengan pelayanan bank tersebut. Dibawah ini, saya akan memberikan informasi cara registrasi M-Banking (Mobile Banking & Internet Banking) dari beberapa bank yang saya gunakan, untuk bank lain yang tidak ada dibawah ini, silakan hubungi CS (Customer Service) bank masing-masing.
Dan untuk memberikan sedikit penjelasan tentang fungsi penggunaanya serta sekitar pertanyaan, saya akan membuat forum Tanya jawab seperti ini :
Apa fungsi mesin ATM ?
Mesin ATM sebagai pengganti alat bagi nasabah untuk mengambil dana/ tabungannya jikalau kantor Bank tersebut tutup. Dan dapat melakukan transaksi financial dan Non-Finansial.
Sebagai tempat penyimpanan uang sementara secara elektronik, dimana nasabah dapat mengambil uangnya dengan cara memasukkan kartu ATM yang sudah diberikan bank penyedia.
Dapat melakukan sebagai pembayaran gaji karyawan (Payroll), pembayaran tagihan, pembelanjaan online dan registrasi e-Commerce dengan mengeluarkan printout struk (thermal) sebagai bukti pembayaran/ bukti transaksi.
Siapakah penggagas pertama mesin ATM ?
Yaitu James Goodfellow adalah pemegang paten paling awal (1966) ATM modern dan John D White (dari Docutel) di Amerika Serikat juga sering disebut sebagai penemu desain ATM tegak mandiri (free standing) pertama.
Kenapa harus registrasi M-Banking/ Internet Banking harus melalui mesin ATM? Dan kenapa tidak langsung menggunakan di menu HP?
Karena di mesin ATM database nasabah mulai dari data diri pribadi sampai nomor rekening sudah secara online tercatat didatabase kantor pusat bank masing-masing penyedia secara jaringan melalui media modem yang dibenamkan dalam mesin ATM tersebut sehingga terhubung jaringan internet. Sedangkan di HP yang sudah ada menu M-Banking didalam sim card, hanya aplikasi tambahan dari provider operator selular sim card tersebut dan untuk data No. rekening pemakai sim card tersebut belum tercantum dalam database sim card tersebut. Dan pihak bank ataupun provider telepon selular sim card tersebut mempunyai kode etik masing-masing. Jadi kita bisa membandingkannya ya….. soal ini.
Koq, menggunakan M-Banking tidak keluar printout struk (Thermal) yah?
Beda, mesin ATM yang dirancang sudah menggunakan alat print portable sebagai bukti pembayaran atau transaksi tapi jika nasabah menggunakan M-Banking untuk pembayaran tagihan yang sifatnya membutuhkan bukti pembayaran, tujukan saja SMS Alert (balasan) operator selular dari transaksi yang sudah dilakukan kepada pihak terkait atau bis ajuga melakukan print yang kita punya melalui Bluetooth dari HP yang berbasis Android, Blackberry/ Iphone dan lain-lain.
Setelah registrasi, koq harus ke kantor cabang ya?!
Dikarenakan layanan ini adalah privasi dan proteksi, jadi untuk keamanan diperlukan laporan agar memastikan nomor account nasabah tersebut. Sedangkan, jika kita hanya registrasi hanya melalui mesin ATM saja maka hanya beberapa menu layanan saja yang bisa kita gunakan seperti mengecek saldo saja sedangkan untk menu transfer tidak bisa, maka dari itu diperlukan langkah selanjutnya untuk mengaktifkan dikantor cabang setelah registrasi melalui mesin ATM
Bisakah saya mengaktifkan M-Banking di kantor cabang manapun ?
Ya, Anda bisa mengaktifkan M-Banking atau Internet Banking di kota kantor cabang manapun karena database Anda sudah tercantum dipusat dan jika Anda mengaktifkan internet Banking di Bandung, banking Anda akan diberi Token Key setelah registrasi di kantor cabang.
Itulah beberapa penjelasan dari saya seputar Tanya jawab yang bisa membantu para pembaca agar mendapat informasi. Dan berikut ini adalah beberapa cara registrasi dan aktivasi M-banking / Internet Banking di beberapa Bank yang saya gunakan : 

Video tentang Mesin ATM : 



0 comments:

Post a Comment