NOTHING

Wednesday, June 5, 2013

PANDUAN AWAL UNTUK MEMBELI BARANG/ PRODUK SECARA ONLINE


Didunia maya memang memudahkan kita dalam segala hal dimulai dari pencarian kata, artikel bahkan tulisan untuk dijadikan makalah, liputan soal peristiwa kehidupan sehari-hari yang berada disekitar kita, bias juga sebagai suber dakwah agama, ngobrol dengan orang-orang yang kita kenal maupun tidak kita kenal dari jarak jauh sampai sekarang dengan teknologi yang berkembang cukup pesat. Nah, dari postingan saya kali ini yaitu sedikit panduan awal bagi para netter/ newbie yang sedang ada niatan untuk membeli  barang.
Langkah awal yang harus dipersiapkan oleh para calon pembeli :
1.     Website/ Blog
Langkah ini menurut saya harus diletakkan pada urutan awal, soalnya dengan website/ blog ini, menunjukkan kredibilitas dari usaha penjual/ produsen, yang perlu digaris bawahi disini adalah kejujuran dan kepercayaan pelanggan dalam membeli (bukan untuk hal menipu atau merugikan diri sendiri dan orang lain), karena hasil dari browsing internet yang saya lakukan sudah banyak orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab menyalahi prosedur ini termasuk salah satunya saya sendiri korban dari penipuan website fiktif took online blackberry Batam (sekalian curhat dan berbagi pengalaman kepada Anda agar dapat dijadikan pelajaran dan hikmah bagi saya dan para pembaca semua untuk lebih cerdas dalam berbelanja secara online hehe…. J ). Alhamdulillah, walhasil akhirnya saya pun punya toko online yang berbasis blog (tapi toko online ane 100% murni jualan yah…!! )
2.      e-Market
e-market? Masih ada yang belum tahu apa itu e-market ? berniaga. Com atau tokobagus adalah salah satu dari e-Market local yang ada di dunia maya untuk Negara Indonesia dari banyaknya e-Market yang ada. Istilah lain dari e-Market didunia offline yaitu sama persis seperti Mall (Supermarket/ Pasar Swalayan) yang menyediakan berbagai macam barang/ produk. Bacalah teliti untuk berbelanja di e-Market ini agar tidak ambisius dengan harga yang murah dari barang yang kita sedang cari.
3.      Jejaring Sosial
Inilah teknologi komunikasi yang sedang booming dijagar raya DuMay (Dunia Maya yang banyak digandrungi oleh banyak gender dari usia belia hingga dewasa, dimana media jejaring social memberikan inovasi dalam hal pertemanan tanpa melihat jarak, waktu dan ras. Mungking sangat efektif bagi para calon pembeli untuk melihat produknya di akun jejaring social penjual dengan fasilitas foto. Untuk para pembeli hati-hati dengan promo barang yang tidak realistis, untuk lihat media kaun jejaring social took online terpercaya KLIK DISINI, saran saya agar bias COD (Cash On Delivery)
4.     Mendaftarkan website/ blog ke “Search Engine”
Jika Anda calon pembeli sudah tentu tau tentang Search Engine ini, biasanya website/ blog toko online yang menawarkan produknya biasanya banyak pengunjungnya  dan untuk mengetahui keabsahan website/ blog ini dengan cara muncul di Rank Page keberapakah Website/ Blog ini?! Sekali lagi perhatikan dengan jelas, toko online yang terpercaya pasti akan memberikan kredibilitas yang baik pada setiap pengunjungnya.
5.      Mencantumkan alamat yang jelas dan jujur
Sebagai calon pembeli saya sarankan untuk mengecek terlebih dahulu alamat toko atau tempat usaha penjual, karena dari alamat ini Anda lebih mudah untuk bias mengajak COD (Cash On Delivery) dan penyesuaian indentitas di Rekening Bank yang sesuai alamat serta memudahkan Anda untuk proses administrasi di jasa e-Market agar e-Market tersebut bias mengirimkan surat menyurat kepada alamat yang tertera dan untuk penyesuaia data RekBer e-Market. Karena dari hasil searching saya di Internet, kebanyakan Penjual “Toko Online Fiktif” mencantumkan alamat PALSU. Saran saya, ajak penjual untuk COD atau cek alaamat tersebut di google Maps, dan bias juga mendatangi langsung alamat tersebut atau transfer menggunakan Rekber.
6.     Mencantumkan Nomor telepon local sesuai alamt toko
Untuk meyakinkan penjual toko onlin, saran saya periksalah website/ blog tersebut dari nomor telepon local yang mereka pasang. Coba cek, website resmi yang menjual barang tertentu, pasti mereka mencantumkan nomor telepon lokal dan beda dengan “Toko Online Fiktif” kebanyakan mereka mencantumkan nomor telepon selular, tapi tidak semua toko online yang jujur mencantumkan nomor telepon selular mereka pun ada yang mencantumkan nomor telepon selular tapi mereka pu mengirimkan barang pesanannya.
7.      Cek domain di domain tool
Untuk para calon pembeli , silakan cek website tersebut di www. Domaintool.com untuk mengetahui tanggal pembuatan website dan kecocokan testimonial cuz saya sudah menemukan “toko Online Fiktif” ari tanggal pembuatan website 22-05-2013 dan testimonial tanggal 01-01-2013 (haduh…..ckckckc), koq mau nipu, malah gak teliti?! Untuk mengecek silakan searching di Google.
8.      Menerima pembayaran jasa Rekber (Rekening ersama)/ e-Scrow
Agar transaksi Anda aman dari segala penipuan, ajaklah penjual untuk mentransfer menggunakan jasa RekBer. RekBer yaitu pihak ketiga yang memonitor antara penjual dan pembeli. Mekanisme kerja dari Jasa RekBer ini, Pembeli mentransfer dari jumlah harga yang sudah ditentukan oleh penjual berikut ongkos kirimnya setelah itu pihak RekBer melakukan konfirmasi kepada Penjual untuk mengirim barang kepada pembeli, jika pembeli sudah menerima barang tersebut di lanjutkan untuk konfirmasi penerimaan barang kepada pihak ketiga agar proses pencairan dana (Withdraw) oleh penjual dapat dilakukan. Jika pihak ketiga sudah mendapatkan laporan penerimaan barang dari pembeli, maka pihak RekBer mentransfer jumlah Harga barang dari pembelian tersebut kepada pelanggan.
Untuk saat ini, sudah banyak jasa RekBer. Antara lain :
Ipaymu
INAPAY
Crowguard (bisa melakukan transfer dari luar negeri)
Okelah, mungkin cukup segitu dulu aja informasi yang bisa ane sampaikan. Insha Alloh jika ada waktu lain akan saya perjelaskan lagi……
Oia, jangan lupa mampir ke blog store Ane Agan-agan Ganteng ama Aganwati-aganwati Cantik di http://lapakibnusofyan2.blogspot.com.....ditunggu orderannya yah….!!

Tags: panduan awal, menual, barang online, didunia maya, panduan awal membeli barang online didunia maya, website, blog, e-Market, jejaring social, search, engine, search engine, jejaring, COD, RekBer, Akun, Vaksin. Com, Jkarta bsia, Jakarta, bisa Google, Yahoo, Bing, Facebook, Twitter, Domain tool. Com, tool , Domain, pembayaran, Toko, Online, penipu, toko online penipu,fiktif,  lapakibnusofyan,

1 comments: